7 Tanaman Herbal untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

Rabu, 04 Februari 2015 - 09:14 WIB
7 Tanaman Herbal untuk Jaga Daya Tahan Tubuh
7 Tanaman Herbal untuk Jaga Daya Tahan Tubuh
A A A
TANAMAN herbal sudah dipercaya memiliki banyak manfaat. Karena nutrisi seperti antioksidan, antibakteri, dan antiseptik dipercaya dapat menjaga daya tahan tubuh Anda. Berikut tujuh tanaman herbal yang dapat membantu Anda menjaga daya tahan tubuh yang dilansir dari Boldsky.

1. Peterseli
Tanaman ini dipercaya dapat membantu untuk meredakan peradangan pada ginjal. Tidak hanya itu, peterseli juga memiliki efek diuretik (meningkatkan aliran urine) yang efektif untuk sembelit dan membantu mengatasi masalah pencernaan. Peterseli mengandung kaya vitamin K yang baik untuk tulang.

2. Oregano
Oregano yang megandung antioksidan, minyak Oregano juga memiliki sifat antibakteri dan antijamur yang dapat mengurangi kram pada saat menstruasi dan nyeri perut. Herbal ini juga diuretik dan membantu membersihkan lendir di hidung tersumbat, sehingga dapat membantu mengantasi pilek, flu, sakit kepala hingga masalah pernapasan.

3. Ketumbar
Bagi Anda yang mengalami insomnia, Anda dapat mencoba ketumbar sebagai alternatif. Sebab ketumbar dapat memberikan efek tenang. Ketumbar juga dipercaya dapat meningkatkan memori dan efektif dalam mengurangi reaksi alergi seperti demam.

Tanaman rempah ini memiliki sifat antimikroba dan antijamur yang dapat menjadi detoksifikasi yang kuat dari zat berbahaya seperti timbal dan merkuri. Ketumbar dipercaya juga dapat mengatur kadar insulin, mengurangi kolesterol dan menghilangkan sakit kepala.

4. Thyme
Thyme menjadi populer setelah para ilmuwan menemukan manfaat herbal ini menangani masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, batuk, flu dan infeksi sinus. Selain itu, herbal ini juga dapat membantu masalah pencernaan dan memiliki antioksidan. Anda dapat mengobati tenggorokan dan penyakit pada gusi, caranya cukup dengan menambahkan thyme pada teh.

5. Rosemary
Rosemary mengandung antioksidan, antiinflamasi dan sifat antiseptik yang dipercaya dapat membantu mengurangi peradangan, menurunkan risiko asma, penyakit hati dan penyakit jantung. Tumbuhan ini biasanya dijadikan teh atau berkumur untuk menyembuhkan penyakit gusi dan sakit tenggorokan. Rosemary juga mengandung minyak yang menenangkan saraf dan mengurangi sakit perut, mengurangi rambut rontok dan meningkatkan daya ingat.

6. Basil
Bagi Anda yang mengalami sakit kepala dan insomnia, basil dapat Anda gunakan sebagai bahan alternatif pengobatan Anda. Minyak dalam daun ini memiliki efek antiinflamasi pada saluran pencernaan dan sendi.

7. Mint
Uniknya, daun mint memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang meredakan gangguan pencernaan, sindrom iritasi usus besar dan menenangkan sakit perut. Selain itu, daun mint juga dapat memperkuat sistem saraf dan membantu untuk meredakan sakit kepala.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4143 seconds (0.1#10.140)